Happy Yummy Journey

Hello everyone. This time I will post this book review in Indonesian since this book was written in bahasa Indonesia and no English edition had been published yet as of this writing. So sorry about that. So here it goes.

Judul dari buku ini adalah “Happy Yummy Journey” oleh Eje Kim yang diterjemahkan sebagai berikut: “Perjalanan yang menyenangkan dan sedap”. Buku ini menceritakan bagaimana Eje Kim, seorang wanita berkebangsaan Korea, berkeliling ke negara – negara di Asia Tenggara seperti Malaysia, Filipina, Singapore, Thailand dan Indonesia dalam misinya untuk menemukan kebahagiaan sejati (dan durian).

Pada awalnya ketika saya melihat cover buku ini di Gramedia saya menyangka buku ini bakalan menceritakan pengalaman penulis tentang pencariannya terhadap durian di tiap negara yang disinggahinya. Wajar saja karena memang book cover nya sangat menarik apalagi dengan gambar buah durian yang menggoda (btw, saya penyuka durian). Eh mak! Kagak! Ternyata isi buku ini jauh dari harapan saya tentang durian. Memang ada cerita tentang durian sih tapi hanya sedikit dan tidak mendetail. Bahkan jenis – jenis durian apa saja yang dimakan tidak begitu diceritakan. Jadi jangan berharap bahwa kita akan membaca cerita tentang durian yang bisa bikin kita ngiler membacanya atau mendapatkan pengetahuan tentang durian. Yang pasti menurut Eje Kim dikarenakan durian itu enak dan membawa kesenangan tersendiri saat menyantapnya akhirnya menarik kesimpulan bahwa suatu masyarakat yang menyukai buah durian adalah masyarakat yang hidupnya senang.

Ketika saya membaca buku ini saya baru tahu kalau menurut pengakuan penulis bahwa Korea Selatan adalah negara dengan sistem patriarki dan banyak penderitaan dan air mata daripada kejayaan dan kebahagiaan bagi kaum perempuannya. Yang saya tangkap juga bahwa kaum hawa di Korea Selatan lebih rendah kedudukannya daripada kaum adam dikarenakan hubungan suami-istri di Korea berlandaskan ajaran Konfusianisme. Apa betul begitu? Mungkin pembaca ada yang tau?

Well, pada dasarnya buku ini lebih banyak menceritakan tentang kesetaraan gender, emansipasi kaum wanita, kupu – kupu, para wanita hebat dan rendang daripada cerita tentang duriannya.

Yang saya suka dari buku ini adalah gambar – gambarnya yang penuh warna (full colour) sehingga asik untuk dilihat.

Oh iya, mungkin gambar di book cover dari buku ini harus diubah biar tidak menyesatkan pembacanya. Maksud saya judul tentang kesetaraan perempuan, emansipasi perempuan dan lain – lain karena memang sebagian besar isi dari buku ini mengenai hal – hal tersebut. Gambar durian yang menjadi covernya juga sebaiknya dihapus diganti karena bisa bikin menyesatkan pembacanya.

Jadi peribahasa dalam bahasa Inggris “Don’t judge the book by its cover” memang benar adanya hehe…

IMG_4861IMG_4862IMG_4863IMG_4864IMG_4865IMG_4860

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Powered by WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: